Nglanggeran, Gunung Api Purba Yang Eksotik


Nglanggeran, Gunung Api Purba Yang Eksotik

Pemandangan dari puncak
Namanya juga arkeolog maunya juga jalan-jalan yang ada hubungannya dengan benda purbakala, itu kata yang sering terlontar dari mulut teman-temanku. Teman-teman memang tidak salah sih. Beberapa waktu yang lalu tidak sengaja maen ke Gunung Nglanggeran yang berada di desa Nglanggeran, Kecamatan Pathuk, Kabupaten Gunung Kidul. Ketidak sengajaan itu datang ketika rencananya mencari jalan tembus dari Gunung Kidul sampai Klaten, malah melihat petunjuk ke Gunung Api Purba Nglanggeran.

Gunung Nglanggeran merupakan kawasan yang litologinya disusun oleh material vulkanik tua. Gunung ini membentuk batu raksasa yang membentang 800 meter, dengan tinggi 300an meter. Batu tersebut merupakan bagian lava yang telah membeku selama jutaan tahun sedang bagian tanah pelapis luarnya sudah hilang.  Dari hasil penelitian dan referensi yang ada gunung ini merupakan gunung api aktif sekitar 60-70 juta tahun yang lalu.
Menuju lorong antara dua batu Monolite
Saat ini sisa sisa gunung api purba tersebut menjadi tempat wisata geologi yang sangat indah dan menarik. Dengan dibangunnya sarana pendukung disekitaran base camp menjadikan kawasan ini sangat recomended untuk dijelajahi. Dengan tiket masuk hanya Rp. 2500/person tidak akan memberatkan, karena menurut penjaga tiket kawasan wisata Nglanggeran  ini dikelola oleh karang taruna desa setempat sehingga murah meriah.
Meniti anak tangga dalam lorong
Memang seperti yang sudah dibayangkan sebelumnya ditempat ini tidak hanya bisa mendaki gunung tapi juga berkemah, panjat tebing, bouldering, dan masih banyak lagi. Seharunya juga, jika ingin menikmati Gunung Purba ini harus datang pagi-pagi unutuk bisa menyaksikan sunrise. Perjalanan menuju puncak dari basecamp hanya membutuhkan waktu maximal 2 jam perjalanan. Singkatnya perjalan menuju puncak tidak sedikitpun mengurangi ke asikan perjalanan ini karena tiap langkah kita akan disuguhi dengan pemandangan yang tak terbayangkan indahnya.
Puncak

Puncak
Banyak para petualang yang tidak mengetahui keberadaan gunung purba ini. Mungkin tulisan ini bisa menjadi referensi buat anda untuk mengunjungi gunung Nglanggeran dalam list perjalanan anda. Gunung ini hanya berjarak 20 km dari kota Wonosari dan 30 km dari kota Yogyakarta. Tepatnya perempatan Pathuk ke utara melewati tower-tower televisi lalu belok kiri menuju desa Nglanggeran. Seperti kata pepatah “Jas Merah” (Jangan sekali-kali melupakan sejarah). 


Currently have 0 komentar:


Leave a Reply