BOROBUDUR INTERHASH 2012

BOROBUDUR INTERHASH

            Apasih Borobudur Interhash?? itu pertanyaan yang muncul di otakku beberapa hari ini lihat Bus warna hijau milik TNI hilir mudik dari bandara Adisutjipto ke arah Magelang. Dari sumber yang terpercaya, ternyata Borobudur Interhash merupakan kejuaran lintas alam jejak nonkompetisi. Event dua tahunan itu mengandung unsur  permainan (fun), kebugaran (fitnes), dan persahabatan (frenship). Ada pun jarak yang ditempuh bervariasai, mulai short sepanjang 4-6 km, medium 6-8 km, long 8-12 km hinga super long 12-25 km, dan rute VVIP (4,25 kilometer). Interhash kali pertama diadakan di Malaysia tahun 1978 dan kebanyakan diikuti veteran militer. Selanjutnya secara berkala tiap dua tahun sekali digelar, bergantian di berbagai  negara. Sebelumnya, Indonesia dua kali menjadi penyelenggara, tahun 1982 di Jakarta dan di Bali tahun 1988.


Borobudur Interhash yang merupakan singkatan dari Borobudur International Hash House Harries resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Marie Elka Pangestu, di pelataran Candi Prambanan, Klaten, Jumat (25/5) malam ini. Borobudur Interhash sendiri telah dimulai tanggal 24 Mei kemarin dan akan selesai pada 27 Mei mendatang. Pembukaan yang sangat meriah dengan pemukulan gong dan pesta kembang api itu sekaligus menandai pencanangan Tahun Kunjungan Wisata Jawa Tengah 2013.

Sebelum pembukaan yang dilaksanakan di Pelataran Candi Prambanan pada pagi harinya bersama Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Marie Elka Pangestu, mengikuti ajang Borobudur Interhash 2012.

Presiden berjalan kaki sejauh 4,25 km dan rute yang dilewati SBY ini merupakan rute VVIP dengan melalui perkampungan di lereng pegunungan Menoreh dan pematang sawah. Selain itu, sekitar seribu hasher dari luar negeri berjalan bersama SBY. Hasher yang mengikuti ajang Borobudur Interhash ini total mencapai 7.000 peserta berasal dari 50 negara. Lokasi yang digunakan meliputi wilayah Kabupaten dan Kota Magelang, Jawa Tengah serta Kabupaten Sleman, dan Kulonprogo DI Yogyakarta.

Sedikit tulisan yang semoga bermanfaat... Buat peserta Selamat berjuang, nikmati Magelang yang sangat indah, tetap jaga kelestarian alam....
Visit Jateng, especially Visit Magelang...

Currently have 0 komentar:


Leave a Reply